Penerapan sikap jujur dalam kehidupan

unduhan

Penerapan sikap jujur kehidupan kita itu sangat perlu dan di butuhkan dalam kehidupan sehari hari. Karena sikap jujur itu adalah sikap yang baik dan terpuji.Kejujuran adalah sangat penting bagi setiap orang dan kia harus terbiasa menanamkan serta menerapkan itu alam kehidupan sehari hari. Karean setiap orang itu bebebeda mempunyai suatu perilaku dan tidak semua amanah bersifat umum dan terbuka. Ada amanah yang memang sengaja di berikan seseorang kepada orang lain, namunbersikap khusus atau rahasia. Karena itu, pentingnya sekali adaya kejujuran bagi orang yang memeganb amanah tersebut agar tidak terjadi penghianatan dengan menyebarkan amanah dengan menyebarkan kepada orang lain. Namun sebenaranya itu memegang tanggung jawab yang sangat bersar.

Kejujuran sangat di perlukan dalam berbagai aspek kehidupan. Dan dalam keluarga, kejujuran sangat diperlukan agar rasa kekeluargaan yang ada dapat terjaga dan tertuuk dengan baik. Jika kejujuran tidak di biasakan dalam lingkup keluraga maka yang ada adalah pertengkaran dan akhirnya rasa kekelurgaan akan renggang. Karena kejujuran satu pondasi iman yang mendasari iman seseoarang karena ssesungguhnya iman itu adalah membenarkan dalm hati akan adanya Allah SWT. Maka orang yang tidak jujur dalam kehidupanya ituu oarng yang mehilangkan keimananya dalam hidupnya.

Penerapanya itu di mulai dari usia dini dan dan padaa keluarga bisa di terapkannya sikap jujur supaya dalam keluarga tersebut bisa terjalin lebih erat dan tidak ada kata bohong di dalam keluarga. Sikap jujur tersebut bisa di terapkan jika seorang anak itu melakukan sesuatu yang terjadi antara lain:

  1. Jika bersalah harus mengakui kesalahanya
  2. Antara ucapan dan perbuatan harus sama
  3. Memberitakan sesuatu hal baik ke orang tua ataupun kedalam lingkungan masayarakat
  4. Memegang dan menjalankan amanah dengan baik

Menerapakan sikap jujur memang sulit tetapi itu telah menjadi tuntutan hidup agar selalu berada dijalan yang benar, yaitu jalan yang diridhoi Allah SWT. Adapun beberapa cara selalu bersikap jujur. Dan seharusnya di mulai sejak kanak kanak kerena dengan semenjak  karena dengan semenjak kanak-kanak sikap jujur tersebut akan selalu melekat pada diri seoarang anak tersebut, karena dasarnya sikpa jujur itu tumbuh dengan membiasakan diri yang dibekali rasapercaya tanpa ada keraguan pun dari dalam diri. Sikpa kejujuran harus dikembangkan sejak dini. Anak-anak kita sejak kecil harus kita didik untuk jujur dan bertanggung jawab kepada dirinya sendiri. Oarang tua harus mejadi teladan bagi anak anaknya. Maka lakukan dengan secara perhalan-halan, dikit demi sedikit dan ditaapkan sehari hari. Dengan begitu sikap jujur dalam diri akan tumbuh secara perlahan dan bisa menjadi kebiasaan yang tidak mudah untuk hilang dari dalam diri. Dengaan itui semua bisa di terapkan oleh orang tua untuk melatih anak- anaknya untuk bersekiap jujur walaupun dari hal yang terkecil terlebih dahulu dengan itu semua akan sangat berpengaruh besar dalam kehidupan yang akan datang dan kehidupan bermasyaratkat.

Ada Banyak manfaat dari kita mempunyai sikap jujur dalam diri kita dan kita terapkan dalam kehidupan kita. Dalam menjani kehidupan sehari- hari tak merasakan terbebani.Namun memang sulit menerapakan dan membiasakan diri untuk bersikap jujur dalam kehidupan sehariari. Dan ada beberapa manfaat dari kita bersikpa jujur kepada orang lain dan pada diri sendiri:

  1. Dalam menjani kehidupan ehari-hari tidak mersa terbebani apapun, dapat di maksudkan bila kita jujur, dan tidak ada kebohongan yang harus ditutup-tutupi. Dan apabila kita mau berbica bisa berbica apa danyadan tidak ada pantangan atau leluasa dalam bercetita kepada semua orang yang terjadi dalam kehidupannya. Dan sebaliknya malah kita tidak leluasa dalam bercerita.
  2. Bisa timbul rasa percaya diri dalam dirinya, yangdimaksud kita mempunyai rasa optimis dalam kehidupan dan saat melakukan sesuatu tanpa ada keraguan dalam benak dengan dasar-dasr yang kuat walaupun hasil yang tidak memuaskan. Tentunya di masa yang akan datang akan sangat mempengaruhi dalam kehidupan di dalam banyak hal, mualai dari pekerjaan, hubungan keluarga, hubungan masyarakat, hubungan pertemanan dan banyak lagi.
  3. Bersikpa jujur akan menimbulkan sikap positif, misasal dalm pemilu pasti akan tidak ada lagi yang suap.
  4. Dampak sikpa jujur dalm keluarga tentunya membuat anggota keuarga tersebut menjadi nyaman. Karena anatar keluarga dapat berinteraasi atanpa beban dan saling membantu bila salah satu keluarganya dalam keadaan kesusahan.
  5. Dengan sikap jujur pada seoarng pelajar dapat menimbulkan semua tugas atau pekerjanaya cepat selesai dan mudah dalam mengerjakan. Dan tidak ada amasalah yang menghadang.
  6. Kejujuran membawa pelakunya bersikpa berani, karena pelakunya akan kokoh dalam tidak lakunya, dan karena pelakunya akan berpegang teguh dan tidak ragu-ragu dalm bertidak. Karena itu ada yang menyebutkan daa definisi jujur adalah berkata jujur atau benar di tempat yang membinasakan.
  7. Ada juga sikap jujur dapat menimbulkan perilaku tidak bergantung denga orag lain

Maka dari itu penting bagi kita untuk menananmkan kejujuran dalam hati kita dan setiap langkah kita, dengan jujur maka seseorang akan menjadi oarang yang amanah, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain, dan akan memetik hasil atas perbuatanya yang dengan sikpa jujur tersebut. Dan sebaliknya orang yang tidak mempunyai sikpa jujur akan di jauhi oarang lain dan akan memetik keruian atas semua yang sudah di lakukanya dalam kehidupannya. Dan apa bila kejujuran itu hilang dalam dirinya hilang jua harga dirinya tehadap orang lain. Dan ingatlah bahwa kejujuran juga merupakan untuk meraih kebagiaan di dunia dan akhirat.

Dengan semua penjelasan yang sudah dipaparkandan sudah jelas bahwa sikap jujur adalah sikap yang terpuji dan sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan kita di dunia. Walaupun dalam kenyataannya untuk bersikap jujur itu sangat sulit dan kadang tidak bisa. Tapi kita perlu menanamkan sikap jujur dalam diri kita sejak dini supaya kita terbiasa jujur kepada orang lain dan terhadap diri kita sendiri terlebih dahulu. Supaya dalm menjalani kehidupan kita di dunia ini menjadi lebih tenang, bagaia, nyaman, tentram, kerena dalam diti kita tidak tebebani dan merasa berslah dengan apa yang dilakukan dan apa yang di ceritakannya kepada orang lain. Dan marilah kita tanamkan sikap jujur dari saat ini supaya hidup kita lebih indah. Dan jangan sekali kali kita berbohong kepada orang lain karena dengan berbohong dapat menimbulkan ke tidak percayaan oarang lain kepada kita dan ka mengecap kita sebagai orang yang munafik. Jangalah takut untuk berbuat jujur dan berkata apa danya yang ada dalam kehidupan kita dan apa yang kita ketahui dan jangan di sembunyi sembunyikan apa bila kita tahu apa yang ada di hidup kita

lebih baik jujur yang menyakitkat dari pada berbohong…. teman teman!!!!!!!!

Tinggalkan komentar